Sosialisasi Cluster Korporasi Petani Model Padi Tepadu

Karang Agung (15/08/2019) ­_ Dengan niat untuk mensejahterakan petani yang ada di desa Karang Agung maka dalam hal ini Pemerintah desa dibantu oleh mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dari Universitas Borneo Tarakan membuat konsep Cluster Korporasi Petani Model Padi Terpadu. secara garis besar rangkaian acara berjalan dengan lancar dan kondusif. Kemudian tamu undangan yang turut hadir diantaranya seluruh Kelompok Tani yang ada didesa Karang Agung, Dinas Pertanian Kabupaten Bulungan Bapak Andik Wahyunarto, SP. kemudian dari Kecamatan Tanjung Palas Utara yang diwakili oleh Sekretaris Camat bapak H.Senam Harsono, SE. Dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Tanjung Palas Utara yang dihadiri Bapak Maryanto, SP, bapak Hariyanto, S.Pd selaku Direktur Bumdes “Tunas Mekar Jaya“ Desa Karang Agung. Ketua BPD dalam Hal ini diwakili oleh wakil ketua Eman Mustika, SP.  kemudian Bapak Agus Petani dari desa Panca Agung selaku narasumber yang menerapkan pola manajemen dan menjadi contoh sekaligus data pembanding petani desa Karang Agung.Pendamping Desa Pemberdayaan, Ibu Rosmiasih, Pendamping Tenaga Teknis Infrastruktur Ibu Dwi Hariyani. dan kemudian seluruh anak-anak KKN-UBT dan Unikaltar.

Dalam sambutannya Bapak Sugiyanto, S.Sos selaku Penjabat Desa Karang Agung menyampaikan. bahwasannya hasil analisis, dan informasi yang didapatkan hasil pertanian dengan luasan1 hektar padi bisa menghasilkan ± 6 ton, harapannya untuk pertanian didesa karang agung juga dapat meningkat seperti ini selain itu juga pemerintah desa karang agung berencana membangun kawasan agrowisata, yang diharapkan selain bisa menjadi sumber penghasilan diluar hasil pertanian. Dari model padi terpadu yang kita rencanakan dan kita laksnakanan didesa karang agung, harapannya petani dapat mendukung dan menyepakati naskah perjanjian pengelolaan lahan sehingga program agrowisata ini bisa terwujud.

 

dari pihak Kecamatan dalam hal ini diwakilkan oleh Bapak H. Senam Harsono,SE mengungkapkan dalam sambutannya bahwa ini merupakan program implementasi dari penandatanganan kerjasama dari panen raya yang kita laksanakan kemarin, jadi kami atas nama pemerintah kecamatan sangat mengharapkan kegiatan ini bisa berkelanjutan  dimasa-masa yang akan datang karena desa Karang Agung khususnya Kecamatan Tanjung Palas Utara ini sudah dicanangkan oleh pemerintah provinsi menjadi sentra pertanian dan mengharapkan kepada kekelompok tani untuk mendukung kegiatan ini agar berjalan dengan baik.

 

selanjutnya sambutan dari kepala dinas pertanian yang diwakili oleh bapak Andik Wahyunarto, beliau mengatakan program ini sebetulnya sudah digagas sejak lama oleh kepala desa yang lalu baik pengembangan kawasan wisata agrowisata ini dengan pengembangan padi yang sudah lama kita idam-idamkan. Pemerintah melalui kementrian pertanian melakukan program pengembangan perekonomian kerakyatan dengan membangun dari hulu dan hilir atau dari perbatasan, jika dulu pembangunan difokuskan dikota sekarang tidak, pembangunan justru gencar dilakukan didesa terangnya. harapannnya apa, pemuda desa tidak lagi pergi kekota untuk bekerja namun bisa berdaya didesa untuk membangun Desanya.

Pada hari ini kita akan mendengarkan paparan dari adik-adik dari KKN-UBT tentang permasalahan petani yang ada di desa Karang Agung, salah satu rekomendasinya nanti itu ditangkap oleh desa dalam suatu program, kemudian berikutnya tindak lanjut dari ide yang diinginkan oleh desa itu ditangkap oleh penggerak yang salah satunya yang diperkuat adalah dari BUMDESnya saya harpkan dari sisi pertanian GAPOKTAN DAN POKTAN juga ikut berperan aktif, dalam mensukseskan program pemerintah yang akan didukung oleh BPP dan PPL didesa.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan program cluster Korporasi petani yang disampaikan oleh Bapak Yossua, S.Ip bawasannya korporasi petani adalah kelembagaan ekonomi untuk petani yang berbadan hukum yang sebagian besar kepemilikan modal yang dimiliki adalah milik petani sehingga mempunyai posisi tawar atas produk yang dihasilkan. untuk korporasi petani adalah kelembagaan milik petani untuk melakukian pengolahan dan perluasan pasar dari komoditas yang dihasilkan.

 

 

selanjutnya disambut lagi dengan penjelasan oleh Mahasiswa KKN-UBT tentang manajemen petanian dan permasalahan yang dialami oleh petani Desa Karang Agung dengan membandingkan hasil pertanian yang sudah memakai pola manajemen yang baik.

Facebook Comments
About karangagung 98 Articles
Media Informasi Desa Karang Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan