” BPD MANGKU PADI KUNJUNGI BPD KARANG AGUNG “

Karang Agung, 31 Januari 2019

Terlihat tampak berbeda pada hari senin tanggal 28 Januari 2019 di Kantor Badan Permusyawaratan Desa Karang Agung, waktu menunjukan pukul 02.00 siang namun beberapa orang masih stanbay di kantor BPD (ada dikantor red), setelah kami menanyakan kepada Ibu WARTINI selaku Sekretaris BPD beliau menyampaikan bahwa hari ini ada tamu dari Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Mangku Padi, kecamatan Tanjung Palas Timur dalam rangka kunjungan Kerja (KUKER). Selang kurang lebih setengah Jam maka tamu yang ditunggu – tunggu pun tiba juga BPD Mangku Padi beserta rombongan yang berjumlah 5 (lima) orang yang terdiri dari Ketua BPD beserta anggota.

Memulai acara dibuka oleh Ketua BPD Desa Karang Agung Bapak ABDUL ROKHIM, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dari BPD Mangku Padi yang telah berkenan mengunjungi BPD Karang Agung.

KETUA BPD KARANG AGUNG ABDUL ROKHIM

“ Kami ucapkan terima kasih kepada rekan – rekan BPD Mangku Padi yang telah jauh – jauh datang untuk bersama – sama bertukar pikiran untuk memajukan desa”

Hal serupa juga disampikan oleh BPD Mangku Padi yang dalam hal ini sampaikan oleh Bapak HENDRA ASMA YUDI mewakili Ketua sekaligus memperkenalkan rombongan, beliau  berterima kasih atas sambutan dan  sudah diterima oleh BPD Karang Agung, seraya menyampikan maksud dan tujuan silahturami dalam kunjungan kerja.

“ Kami  mengucapkan terima kasih kepada BPD Desa Karang Agung atas penyambutan serta kesediaan nya menerima kunjungan kami, walaupun sebenarnya harus bersurat resmi namun karena jarak yang terlalu jauh maka kami melalui via telepon agar cepat “ imbuhnya seraya tersenyum.

Dalam kunjungan kerja ini materi yang menjadi pembahasan utama adalah mengenai alur penyusunan dan pelaksanaan Peraturan Desa (PERDES) Kewenangan Desa Berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Desa Lokal Berskala Desa, dimana PERDES dimaksud adalah payung dari semua regulasi yang ada di Desa, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan sehigga membutuhkan analisis dalam hal pelaksanaannya.
Selain daripada itu peranan BPD dalam mekanisme penyusunan PERDES pun turut menjadi topik pembahasan dalam kegiatan ini karena BPD adalah yang menyepakati dalam penetapan PERDES seperti yang tertuang dalam Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Mekanisme Penyusunan Peraturan di Desa  serta tugas dan wewenang BPD lainnya yang telah diatur dalam Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Momen ini juga bertepatan dengan kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dari Universitas KALTARA jurusan Ilmu Administrasi Negara sehingga mereka juga dapat mempelajari alur birokrasi Pemerintahan Desa yang erat kaitannya dengan Peraturan Pemerintah Daerah yang mengatur tentang desa secara berjenjang, dari Peraturan Pemerintah, Peraturan Mentri sampai kepada Peraturan Daerah/Peraturan Bupati sebagai turunan regulasi paling akhir yang kurang diperhatikan sehingga menghambat desa dalam membuat Peraturan Desa (PERDES).

Harapan dari kunjungan kerja ini dapat menjadi awal silahturami dan tukar pikiran untuk kemajuan Desa, baik Desa Karang Agung maupun Desa Mangku Padi yang selanjutnya dapat di jadikan agenda rutin untuk saling berkunjung ujar ketua BPD Karang Agung Bapak DUL sapaan akrabnya .
Akhir dari kegiatan ini kedua BPD melakukan sesi photo bersama sebagai kenang – kenangan dan BPD Mangku Padi memberikan oleh- oleh Potensi Desa yaitu Sahang/Merica yang telah diolah dalam kemasan yang merupakan produk unggulan dari Desa Mangku Padi.

(Penulis : ID_059)

 

PENYAMPAIAN MATERI ALUR PENYUSUNAN PERDES dan ANALISIS PERDES KEWENANGAN DESA
BPD MANGKUPADI (kiri) dan BPD KARANG AGUNG (kanan)

 

PHOTO BERSAMA MAHASISWA/I PRAKTEK KERJA PERKANTORAN (KKP) UNIVERSITAS KALTARA

 

About karangagung 98 Articles
Media Informasi Desa Karang Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan