Ketahui Makna di Balik Logo HUT RI ke-73


Beberapa hari warga Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun Indonesia yang ke 73, tentunya setiap tahun terdapat logo HUT RI yang dikeluarkan dan pastinya memiliki desain dan makna yang berbeda-beda. Berikut beberapa fakta dan makna yang terdapat di balik logo HUT RI Ke-73:

 

#1 Bentuk Logo

Seperti logo HUT RI yang sebelumnya, bentuk logo pada tahun ini masih didominasi oleh angka, yaitu angka 73 yang menandakan umur Indonesia.

Angka 73 dibuat menyatu dengan dominasi warna merah dan diberi sedikit strip berwana putih. Selain itu, pada logo tahun ini juga disisipkan slogan.

Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, logo HUT RI kali ini dipasangkan dengan logo Asian Games 2018.

Makna di Balik Logo HUT RI ke-73 3 Finansialku

Seperti yang kita ketahui, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang diselenggarakan tepat pada bulan Agustus.

Sehingga penempatan logo Asian Games pada logo HUT RI sekaligus menjadi bentuk promosi ajang empat tahunan tersebut.

 

#2 Makna Logo

Dalam pedoman identitas visual logo HUT RI ke-73 dijelaskan bahwa logo ini terinspirasi dari kata kerja yang memiliki arti pergerakan/aktif. Sedangkan kata energi memiliki arti tenaga atau daya untuk bekerja.

Maka dari itu, kedua kata tersebut merupakan suatu kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain. Dalam bekerja selalu diperlukan energi agar pekerjaan tersebut maksimal. Kurang lebih, itulah makna yang ingin disampaikan lewat logo tersebut.

Makna di Balik Logo HUT RI ke-73 5 Finansialku

Logo ini juga dilambangkan dengan garis yang dinamis. Hal tersebut memiliki arti suatu kemajuan dalam bekerja, sekaligus melambangkan semangat dan optimisme untuk mejadi tuan rumah Asian Games.

 

#3 Kerja Kita, Prestasi Bangsa

Bila tahun lalu slogan yang dipilih adalah Indonesia Kerja Bersama, tahun ini slogan yang digunakan adalah “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”. Penggunaan slogan ini juga berkaitan dengan branding pemerintah saat ini, yaitu “Kerja Kerja Kerja”.

 

#4 Tema Perayaan

Terdapat dua tema sekaligus yang diusung pada HUT RI ke-73 kali ini. Temanya adalah “Energi” dan “Kerja”.

Tema “Energi” sendiri diambil dari tema Asian Games XVIII yaitu “The Energy of Asia”. Sementara “Kerja” merupakan gambaran kinerja pemerintah selama empat tahun ini untuk perubahan Indonesia yang lebih baik.

Serba-serbi dan Sejarah Asian Games 05 Finansialku

Tema ini diharapkan mampu membangkitkan semangat kepada masyarakat dalam bekerja membangun Indonesia. Serta memberikan semangat dalam menampilkan Indonesia sebagai tuan rumah yang layak bagi peserta Asian Games.

 

#5 Warna Logo

Warna yang digunakan masih sama seperti warna-warna pada logo sebelumnya. Dalam logo ini digunakan warna merah, putih dan hitam.

Penggunaan warna ini melambangkan warna bendera Indonesia. Selain itu pemilihan warna yang sama tiap tahunnya juga sebagai penanda konsistensi dan citra karakter.

Jika Anda bingung memilih komposisi yang tepat untuk warna, berdasarkan edaran resmi, kode warnanya adalah RED #DA1F26, WHITE #FFFFFF dan BLACK #414042. Sementara untuk slogannya menggunakan typeface bernama Geometria.

Makna di Balik Logo HUT RI ke-73 4 Finansialku

Sebagaimana tema HUT RI ke-73 yaitu “Kerja” dan “Energi”, maka sudah semestinya kerja yang selama ini kita lakukan menghasilkan sesuatu yang positif, agar energi yang kita keluarkan tidak sia-sia. Kerja yang baik tentu akan menghasilkan karya dan pemasukan yang baik.

Lalu bagaimana caranya agar pemasukan yang baik dapat berubah jadi pengeluaran yang baik?

Berikut resolusi keuangan yang bisa Anda lakukan agar pemasukan Anda tidak habis secara sia-sia dan tidak memberikan dampak yang baik.

 


Sumber referensi :

  • Sekertariat Negara. 12 Juli 2018. Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018. Setneg.go.id – https://goo.gl/8zFjtG
  • Finansialku. 3 Agustus 2018. Makna di Balik Logo HUT RI ke-73. https://www.finansialku.com/?s=Makna+di+Balik+Logo+HUT+RI+ke-73
About karangagung 98 Articles
Media Informasi Desa Karang Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan