Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Cuci Tangan Pakai Sabun

Karang Agung – Puskesmas Tanjung Palas Utara pada Sabtu (28/7) lalu mengadakan acara sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang bertempat di Balai RW 06 Desa Karang Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan. Wilayah RW 06 menjadi wilayah percontohan bagi Desa Karang Agung untuk program ini.

Kegiatan ini berfokus pada salah satu dari 12 indikator PHBS yaitu CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Materi pertama mengenai sosialisasi 12 indikator PHBS disampaikan oleh Bapak Hadi Mustofa, lalu dilanjutkan dengan sosialisasi CTPS oleh Ibu Ester. Setiap RT di wilayah RW 06 selanjutnya memilih 4 orang perwakilan dari wilayahnya untuk menjadi kader CTPS yang menjadi tim kecil diketuai oleh Bapak Ahyar. Para kader ini diharapkan bisa menjadi contoh sekaligus penggerak bagi warga untuk melakukan CTPS.

Kegiatan yang juga dibantu pelaksanaannya oleh Tim KKN-PPM Universitas Gadjah Mada ini bertujuan agar kesadaran masyarakat mengenai kesehatan terutama pada kegiatan cuci tangan dapat meningkat. Selama ini masih banyak warga yang kurang sadar mengenai pentingnya cuci tangan, misalnya saja setelah melakukan kegiatan di ladang langsung makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Jika pun telah cuci tangan, kebanyakan hanya menggunakan air saja tanpa sabun.

Harapan selanjutnya, sosialisasi mengenai indikator-indikator PHBS yang lainnya juga dapat dilaksanakan, sehingga taraf kesehatan masyarakat dapat terus membaik.

About karangagung 98 Articles
Media Informasi Desa Karang Agung

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan